Contoh Proposal Penelitian Kuantitatif - My files - File Catalog - EKSPERIMEN BLOGGER
My site
Site menu
Section categories
My files [1]
Tag Board
200
Our poll
Rate my site
Total of answers: 2
Statistics

Total online: 0
Guests: 0
Users: 0
Login form
Main » Files » My files

Contoh Proposal Penelitian Kuantitatif
10/Mar/23, 7:07 AM

A.    Metode Kajian

1.      Pendekatan dan Jenis Penelitian.

Penelitian ini dilakukan melalui riset kepustakaan (library reserch), dengan melalui pendekatan kualitatif, karena objek pembahasannya terfokus pada ayat-ayat tentang keadilan yang sumber datanya diambil dari buku-buku, literatur-literatur dan kitab-kitab tafsir yang ada hubungan langsung atau tidak langsung dengan pembahasan. Kemudian metode yang digunakan yaitu deskriptif, analitis, komparatif dan induktif. Deskriptif analitis digunakan untuk mengungkap dan menjelaskan makna keadilan dalam tafsir Al-Mishbah. Kemudian metode komparatif digunakan untuk membandingkan persamaan dan perbandingan antara penafsiran Quraish Shihab tentang ayat-ayat yang membahas tentang keadilan dengan para ulama’ lainnya. (Gina Maulana, 2004: 5). Dan metode induktif untuk menarik suatu kesimpulan dari pembahasan ini.

2.      Sumber Data.

Sumber data penelitian, sebagaiman yang diungkap oleh Kaelan, (2005: 148) bahwa sumber data harus relevan dengan penelitian yang dilakukan. Yang dibagi menjadi sumber data primer dan sekunder.

Adapun, karena penelitian ini meneliti penafsiran Quraish Shihab, maka sumber data primernya adalah kitab tafsir Al-Mishbah. Karya ini dipilih, karena peneliti akan mengkaji penafsiran Quraish Shihab terhadap ayat-ayat yang berbicara tentang keadilan.

Sedangkan sumber data skundernya diperoleh dari bahan-bahan pustaka tertulis yang berupa buku, laporan hasil penelitian, makalah, jurnal ilmiah, atau literatur-literatur lain. (Kaelan, 2005: 149). Untuk hal ini peneliti membaginya dalam beberapa katagori. Pertama: kitab-kitab tafsir. Seperti, Tafsir Al-Qur’an Majid An-Nuur: karya Teungku Muhammad Hasbi Ash-Shiddieqy. Tafsir Ibnu Katsir: karya Ibnu Katsir. Tafsir Al-Azhar karya Hamka. Dan tafsir Fi Dhilalil Qur’an, karya Sayyaid Kutb. Menikmati Jamuan Allah, karya Muhammad Al-Ghazali yang terdiri dari tiga jilid. Sumber-seumber data ini dipilih karena akan dijadikan bahan perbandingan dan pendukung pendapat Quraish Shihab dalam menafsirkan ayat-ayat tentang keadilan. Kedua, buku-buku karya Qurasih Shihab sendiri yang berkaitan dengan pembahasan ini, seperti Wawasan Al-Qur’an: Tafsir Tematik Atas Pelbagai Persoalan Umat”. Menabur Pesan Ilahi: Al-Qur’an dan Dinamika Kehidupan Masyarakat. Dan yang ketiga buku karya-karya umum seperti Kisah Keadilan Para Pemimpin Islam, karya Nasiruddin S. Ag, MM. Keadilan Ilahi, karya Murtadha Murhahari.

Kemudian penliti menggunakan buku Metodologi Penelitian Filsafat, karya Anton Bakker dan Achmad Charris Zubair; Metologi Penelitian Kualitatif Bidang Filsafat, karya Kaelan. Karya-karya ini digunakan sebagai buku panduan dalam penelitian ini.

Dan untuk menentukan masalah ayat-ayat tentang keadilan, peneliti menggunakan Konkordasi Qur'an: Panduan Kata Dalam Mencari Ayat Qur'an karya Ali Audah, Ensiklopedi Al-Qur'an karya Wahbah Zuhaili, dkk., Fath Al-Rahmaan dan "Al-Qur'aan Al-Kariim Ma'a Al-Tafsii", edisi IV (digital).

3.      Teknik Pengumpulan Data.

Langkah awal yang dilakukan penulis dalam penelitian ini adalah mengklasifikasikan ayat-ayat yang berhubungan dengan masalah penelitian, yaitu ayat-ayat yang membahas tentang keadilan, seperti yang telah peneliti sebutkan. Masalah ayat-ayat yang berhubunga tersebut sepenuhnya diambil dari kitab tafsir Al-Mishbah karangan Qurasih Shihab.

 Langkah selanjutnya adalah mendeskripsikan ayat-ayat tersebut menurut Penafsiran Quraish Shihab. Kemudian penafsiran Quraish Shihab terhadap ayat-ayat keadilan dibandingkan dengan pendapat lain dan penafsiran para mufassir.

4.      Metode Analisis Data.

Dalam penyelesaina penelitian ini, peneliti menggunakan beberapa metode untuk menganalisis data yang dikumpulkan, yaitu:

a.       Metode Interpretasi.

Dalam hal ini peneliti akan menemukan dan mendeskripsikan penafsiran Quraish Shihab tentang ayat-ayat keadilan dalam tafsir Al-Mishbah. Sehingga peneliti akan menemukan, menuturkan, dan mengungkapkan makna objek yang terkandung. (Kaelan, 2005: 76)

Peneliti berusaha untuk menelaah dan mengungkap penafsiran Quraish Shihab tentang ayat-ayat keadilan dalam Tafsir Al-Mishbah. Untuk itu, penulis tidak hanya memahami naskah seperti apa yang diungkapkan oleh Quraish Shihab tetapi juga memaparkan makna yang terkandung di balik bahasa dalam Tafsir Al-Mishbah tentunya setelah mengadakan perbandingan dengan pendapat lain.

b.      Metode Deskripsi.

Peneliti berusaha menguak secara teratur seluruh penafsiran Quraish Shihab tentang ayat-ayat tentang keadilan, yaitu dengan memberikan deskripsi mengenai metode penerapan yang dipakai oleh Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Mishbah, khususnya metode penafsiran yang dipakai oleh Quraish Shihab dalam menafsirkan ayat-ayat tentang keadilan.

c.       Komparasi.

Dalam hal ini, peneliti akan mengkomparasikan antara penafsiran Quraish Shihab dengan pendapat dan penafsiran mufassir lain yang berhubungan dengan pembahasan tentang ayat-ayat keadilan. Dalam artian membandingkan dua pemikiran atau lebih dari satu. (Kaelan, 2005, 94)

d.      Metode Induktif

Metode ini adalah suatu proses mengambil kesimpulan setelah proses pengumpulan data dan analisis data. (Kaelan, 2005: 95). Yaitu melalui suatu sintesis dan penyimpulan secara induktif.. dan untuk mendapatkan data yang sempurna hub no ini 087850265023

Category: My files | Added by: tanziltc
Views: 8839 | Downloads: 1 | Comments: 4 | Rating: 4.5/11
Total comments: 4
4 awy   (11/Dec/17 5:46 AM)
Lo, kok ia..baru nyadar ni gue...
Tolong diubah dong, , , , , , , , , , , , , ,,

3 Ekward   (11/Nov/02 10:08 AM)
waduh..... masa penelitian kualitatif di kasih nama penelitian kuantitatif... makanya perhitungkan dulu atu...

2 maula   (11/Oct/18 6:09 AM)
HEEMHhhhhhhh........ ini gaa bisa dibuat pedoman bisa salah kaprah nantinya yah??????????????

1 rio   (11/Jul/27 12:01 PM)
NE CONTOH SALAH BESAARRRR.....JGN BERI CONTOH YG SALAH DONK

YANG ANDA CONTOHKAN ITU PENELITIAN KUALITATIF..BUKAN KUANTITATIF....

Name *:
Email:
Code *:
Search
Site friends
  • Create your own site
  • Copyright MyCorp © 2014Create a website for free